Masalah Yang Sering Dihadapi Ketika Bekerja Dalam Tim

Komunikasi efektif juga ditandai dengan keterbukaan informasi, yang akan membuat lingkungan kerja tim menjadi lebih sehat. Dejanaz , sebuah tim sebagai sekelompok orang giat yang bekerja untuk meraih sasaran umum, di mana bekerja bersama dengan baik dan menikmatinya, dan menghasilkan hasil kualitas tinggi, Fancies and Young . Setiap anggota tim harus menyadari arti dari kegiatan mereka merupakan sebagai bagian dari tujuan yang lebih besar. Jika, misalnya, Anda meminta tim untuk terlibat dalam blogging demi promosi bisnis, mereka harus memahami bagaimana blog ini akan membantu organisasi mencapai tujuan yang lebih tinggi.

Kepribadian dapat mempengaruhi penyesuaian seseorang terhadap norma kelompok. Peranan yang dipersepsikan ialah perangkat perilaku seseorang dalam suatu posisi di mana ia berpendapat bahwa ia harus memainkan peranan tersebut. Dalam beberapa hal, peranan yang dipersepsikan tersebut mungkin sama dengan peranan yang diharapkan. Seperti telah dibahas dalam Bab 3, dalam beberapa hal, persepsi dapat terganggu atau tidak tepat. Di lain pihak, peranan yang dimainkan adalah perilaku yang benar-benar dilaksanakan seseorang.

Sehingga gerak perusahaan menjadi efektif serta efisien, baik dari segi waktu, sumber daya, dan berbagai faktor lainnya. Para pemimpin kadang terlalu fokus membangun tim yang kuat untuk melayani kebutuhan bisnis namun lupa membangun budaya perusahaan yang tangguh. Hal ini membuat tim yang dibangun berada dalam fondasi yan rapuh sehingga mudah menemukan ketidakcocokan dan pada akhirnya kinerja karyawan yang rendah.

Sebagai contoh, andaikan pimpinan tingkat atas menerapkan suatu jenis baru wawancara penimbangan prestasi . Kelompok manajer yang akan melaksanakan wawancara tersebut mungkin memulainya tanpa benar-benar mengetahui prosesnya karena hal tersebut sangat baru dan rumit. Kurangnya kejelasan dari stimulus ini dapat mengakibatkan kelompok tersebut mempergunakan prosedur lama penimbangan prestasi kelompok ketimbang prosedur terbaru yang digariskan pimpinan teras. Para manajer tersebut menyesuaikan diri dengan norma yang lama sampai proses yang baru dijelaskan dan anggota kelompok yang menjadi kunci memulai pemanfaatan/prosedur baru itu. Setiap anggota tim juga dituntut untuk harus saling memberikan dukungan bukan saling menjatuhkan. Support harus juga diberikan kepada individu maupun tim lain yang sudah berada didalam jaringannya.

Status yang diberikan terhadap posisi khusus secara khas merupakan konsekuensi dari karakteristik tertentu yang membedakan satu posisi dari posisi lainnya. Dalam beberapa hal, seseorang memperoleh status, karena factor-faktor tertentu seperti senioritas, umur, atau penugasan. Sebagai contoh, karyawan yang terutama mungkin secara teknis dianggap lebih cakap dan diberi standing oleh suatu kelompok teknisi.

Riset ini secara jelas menunjukkan dampak kepaduan kelompok atas prestasi kelompok. Umumnya, jika kepaduan suatu kelompok kerja meningkat, tingkat penyesuaian terhadap kelompok juga meningkat. Tetapi norma-norma ini mungkin tidak konsisten dengan norma-norma organisasi. Tekanan kelompok untuk menyesuaikan diri lebih besar dalam kelompok yang padu. Masalah apakah para manajer harus mendorong atau menghambat kepaduan kelompok akan dibahas kemudian dalam bab ini. Menjadi pilihan anggota kelompok untuk mewakili pandangan mereka jika berinteraksi dengan pimpinan kelompok lain.

Membentuk suatu kelompok, dan tim untuk suatu pekerjaan

Tim juga perlu untuk meninjau lingkungan tersebut untuk mengenali yang menyangkut ancaman dan kesempatan. Penguatan; Sistem penguatan yang efektif dibutuhkan untuk peningkatan teamwork. Pada level personal, apresiasi harus tegas, dan ini sangat penting untuk pembentukan perilaku tim.

Kemudian orang-orang etnosentris menilai kelompok lain relatif terhadap kelompok atau kebudayaannya sendiri, khususnya bila berkaitan dengan bahasa, perilaku, kebiasaan, dan agama. Di sini anggota kelompok berinteraksi dan kemudian menerima umpan balik tentang perilaku mereka dari pelatih dan anggota kelompok, yang mengungkapkan pendapat mereka secara bebas dan terbuka. Pelatihan kepekaan, juga disebut kelompok-T, pada dasarnya adalah teknik untuk pengembangan manajemen. Hal ini berkaitan dengan masalah nyata yang ada dalam kelompok itu sendiri. Ini bukan program keterampilan mengajar atau meningkatkan pemahaman peserta. Pemodelan perilaku menggunakan kecenderungan orang untuk mengamati orang lain belajar bagaimana melakukan sesuatu yang baru.

Selanjutnya akan memfasilitas komunikasi yang lebih efektif di tempat kerja. Spesialisasi pekerjaan akan memaksimalkan kerja tim karena orang dengan masing-masing kompetensi akan mengisi kebutuhan pekerjaan yang ditentukan. Spesialisasi ini juga untuk menghindari ketidakefesienan dalam hal bentuk tim yang besar yang artinya ada anggota yang tidak dibutuhkan dalam suatu tim. Untuk membentuk tim kerja yang efektif, maka diperlukanchemistryyang kuat setiap anggotanya. Lalu, bagaimana caranya membuatchemistryyang kuat dan menjadikan tim yang kompak?

Dmanara